--> Skip to main content

Cara Menghijaukan Kembali Tanaman Yang Sudah Menguning

pspdistanlotim.com
- Beberapa petani sebagian muangkin akan bingung atau biasa saja katika daun tanaman berwarna kuning, tanaman yang memiliki daun kekuningan menunjukkan bahwa tanaman tersebut kurang sehat, banyak faktor yang mnyebabkan tanaman menguning.

Tanaman yang menguning jika dibiarkan terus menerus bukan tidak mungkin tanaman tersebut nantinya akan mati jika tidak ditangani dengan segera, kalaupun hidup hasil buahnya tidak akan tumbuh lebat seperti yang diharapkan.

Sebenarnya banyak obat yang dijual di pasaran untuk menangani penyakit ini, namun tentunya dengan menggunakan pupuk kimia, dalam waktu dekat memang pupuk kimia bagus untuk tanaman karena kerjanya cukup cepat namun berbeda jika menggunakan bahan organik.

Pupuk yang dihasilkan dari kimia mungkin bagus untuk waktu dekat, tanaman akan tumbuh cepat subur dan sehat namun jangka panjangnya tanah akan mudah sekali rusak dan bakteri akan terus beradaptasi sehinga lama kelamaan akan susah diobati dan pada waktu itu terjadi tanah sudah rusak dan akibatnya tanaman susah tumbuh dengan subur dan lama kelamaan tanah tidak bisa ditanami.

Berbeda dengan pupuk organik mungkin prosesnya lama bila kita menggunakan pupuk organik, namun pupuk organik sifatnya memperbaiki tanah dan akibatnya dalam jangka panjang tanah akan semakin subur dan tentunya itu baik untuk tanaman walaupun prosesnya cukup memakan waktu. Di kesempatan kali ini kami akan membahas pupuk organik yang fungsinya untuk menghijaukan tanaman yang menguning dengan pupuk Kompos Hulk. Pupuk ini dibuat dengan bahan-bahan organik dan bisa digunakan bebas dan prosesnya gampang.

Berikut ini proses pembuatan kompos dan bahan yang digunakan.

Bahan :
  • Kohe ayam, kohe kambing (sudah matang) dengan perbandingan 1:1
  • Tepung batu posfat atau quano, boleh ganti kompos bonggol pisang dosis disesuaikan.
  • Abu pembakaran.
  • Arang.
  • PGPR
  • Asam batu yang sudah berjamur.
Cara pembuatan :
Campurkan semua bahan dengan kelembaban 50% - 60%. Simpan di tempat sejuk terhindar dari matahari agar mikroba tetap setia setelah kurang lebih 1 minggu baru bisa digunakan untuk tanaman yang sudah menguning.

Cara penggunaannya :
Untuk proses penggunaanya cukup mudah, karena pupuk kompos yang dibuat dari alam tentu tidak ada takaran resminya dan semakin banyak semakin bagus juga, dan silahkan tabur ke tanaman anda masing-masing

Demikian proses pembuata kompos dengan bahan alami semoga bisa bermanfat.
Postingan Terbaru
Kebijakan Komentar: Silakan tuliskan komentar anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar