--> Skip to main content

Irigasi Air Tanah Dangkal Bantu Petani Atasi Kekurangan Air di Lombok Timur

pspdistanlotim.com - Air permukaan dan air tanah merupakan sumber air yang memberikan konstribusi besar untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia, baik untuk memenuhi kebutuhan langsung hidupnya maupun sebagai sumber air irigasi. Untuk itu pemanfaatan air permukaan dan air tanah sebagai sumber air irigasi perlu dikelola dengan baik sesuai dengan potensinya sehingga dapat dimanfaatkan secara lestari.

Secara alami kebutuhan air untuk tanaman dapat dipenuhi dari air hujan. Namun dalam kenyataannya di beberapa tempat dan dalam waktu-waktu tertentu jumlah air hujan tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan air bagi tanaman. Sedangkan infrastruktur, sarana prasarana irigasi masih merupakan permasalahan mendasar sektor pertanian. Kondisi ini menyebabkan pertumbuhan tanaman menjadi tidak optimal yang selanjutnya dapat mengganggu tingkat produktivitasnya.

Pengembangan irigasi air permukaan dan air tanah merupakan salah satu kebijakan Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian yang terkait dengan pencapaian sasaran tercapainya pengembangan sumber air alternatif dan skala kecil yang diprioritaskan untuk kawasan yang kekurangan air.

Tujuan Irigasi Air Tanah Dangkal:
1. Memanfaatkan potensi sumber air sebagai suplesi air irigasi bagi komoditas hortikultura dan perkebunan serta budidaya ternak;
2. Meningkatkan luas areal tanam dan produksi usaha tani;
3. Meningkatkan produktivitas pertanian, pendapatan dan kesejahteraan petani.

Pengertian Irigasi Air Tanah Dangkal:
1. Air Permukaan adalah semua air yang terdapat pada permukaan tanah (sungai, danau, mata air, terjunan air).
2. Air Tanah adalah air yang terdapat dalam lapisan tanah atau batuan di bawah permukaan tanah.
3. Air tanah dangkal/sedang/dalam adalah air yang terdapat dalam lapisan tanah atau batuan di bawah permukaan tanah pada kedalaman:
- dangkal 1-30 meter
- sedang 31-60 meter
- dalam >60 meter

Pembangunan Irigasi Air Tanah Dangkal di Kabupaten Lombok Timur, khususnya yang bersumber dari Dana DAK Pertanian 2019 dikerjakan dengan pola swakelola kepada kelompok tani yang berada di 8 lokasi, di antaranya:
1. Poktan Payung Mekar, Desa Bagikpayung Timur, Kecamatan Suralaga
2. Poktan Indah Kencana I, Desa Menceh, Kecamatan Sakra Timur
3. Poktan Tunas Muda II, Desa Surabaya, Kecamatan Sakra Timur
4. Poktan Montong Sari, Desa Selebung Ketangga, Kecamatan Keruak
5. Poktan Sambi Enjek, Desa Suwangi, Kecamatan Sakra
6. Poktan Kertasari, Desa Kertasari, Kecamatan Labuhan Haji
7. Poktan Bagik Gaet, Desa Peneda Gandor, Kecamatan Labuhan Haji
8. Poktan Pelda, Desa Selagik, Kecamatan Terara

Kebijakan Komentar: Silakan tuliskan komentar anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar