--> Skip to main content

Jalan Usaha Tani, Upaya Pemerintah Penuhi Kebutuhan Petani

pspdistanlotim.com - Jalan usaha tani atau jalan pertanian merupakan prasarana transportasi pada kawasan pertanian (tanaman pangan, hortikultura, perkebunan rakyat, dan peternakan) untuk memperlancar mobilitas alat dan mesin pertanian, pengangkutan sarana produksi menuju lahan pertanian, dan mengangkut hasil produk pertanian dari lahan menuju tempat penyimpanan, tempat pengolahan, atau pasar. Sebagian besar jalan usaha tani masih berupa tanah atau berlapis kerikil.

Salah satu upaya untuk mengembangkan sektor pertanian adalah dengan meningkatkan dukungan infrastruktur pertanian yang memadai, di antaranya melalui pengembangan Jalan Usaha Tani (JUT). Dengan adanya pengembangan JUT diharapkan dapat mendorong kelancaran distribusi pada kawasan pertanian.

Dampak perubahan iklim pada sektor pertanian apabila tidak disiasati dan dilakukan upaya adaptasi dapat mengakibatkan terjadinya kelebihan atau kekurangan air. Kondisi ini telah dirasakan oleh petani sehingga menyebabkan resiko kegagalan usaha pertanian yang semakin meningkat dan sulit diprediksi.

Petani sebagai ujung tombak pelaksana pembangunan pertanian diharapkan mampu melaksanakan usaha tani di tengah fenomena perubahan iklim yang terjadi seperti sekarang ini. Salah satu usaha yang dapat dilakukan adalah meningkatkan kapasitas petani dalam melakukan adaptasi mitigasi dengan membangun Jalan Usaha Tani (JUT) untuk meningkatkan akses transportasi bagi kelompok tani dalam mengelola lahannya.

Pengembangan Jalan Usaha Tani (JUT) merupakan pengembangan dari Jalan Usahatani yang ada dengan pembuatan baru, peningkatan kapasitas dan rehabilitasi. Jalan Usaha Tani (JUT) merupakan salah satu solusi teknis, yang apabila dibangun sesuai kriteria teknis mampu meningkatkan indeks pertanaman dan meningkatkan taraf hidup petani/masyarakat sekitarnya.

Pembangunan Jalan Usaha Tani di Kabupaten Lombok Timur, khususnya yang bersumber dari Dana DAK Pertanian 2019 dikerjakan dengan pola swakelola oleh Kelompok Tani Silak Matur I, Desa Borok Toyang, Kecamatan Sakra Barat.

Kebijakan Komentar: Silakan tuliskan komentar anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar