--> Skip to main content

Pemenuhan Kebutuhan Air Irigasi Melalui Pembangunan Long Storage

pspdistanlotim.com - Long Storage adalah bangunan penahan air yang berfungsi menyimpan air di dalam sungai, kanal dan atau parit pada lahan yang relatif datar dengan cara menahan aliran untuk menaikkan permukaan air sehingga cadangan air irigasi meningkat.

Irigasi adalah usaha penyediaan, pengaturan dan pembuangan air irigasi untuk menunjang pertanian, yang meliputi irigasi permukaan, irigasi rawa, irigasi air bawah tanah, irigasi pompa dan irigasi tambak. Pada zaman dahulu, jika persediaan air melimpah karena tempat yang dekat dengan sungai atau sumber mata air, maka irigasi dilakukan dengan mengalirkan air tersebut ke lahan pertanian.  

Namun demikian, irigasi juga biasa dilakukan dengan membawa air dengan menggunakan wadah kemudian menuangkan pada tanaman satu per satu. Untuk irigasi  dengan model seperti ini di Indonesia biasa disebut menyiram.Tujuan dari irigasi secara langsung yaitu untuk menambah air pada areal pertanian, serta untuk mencukupi kebutuhan air terutama pada saat tidak turun hujan. Sedangkan secara tidak langsung, pemberian air irigasi dapat menunjang  usaha pertanian melalui berbagai cara, antara lain mengatur suhu tanah, meningkatkan kualitas air, dan lain-lain.

Pembangunan Long Storage di Kabupaten Lombok Timur, khususnya yang bersumber dari Dana DAK Pertanian 2019 dikerjakan dengan pola swakelola oleh Kelompok Tani Dasan Baru I, Desa Sugian, Kecamatan Sambelia.

Kebijakan Komentar: Silakan tuliskan komentar anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar