--> Skip to main content

Tim Teknis Bidang PSP Akan Lakukan Penentuan CP/CL DAK Swakelola 2020

pspdistanlotim.com - Dana Alokasi Khusus (DAK) adalah dana yang bersumber dari pendapatan APBN yang dialokasikan kepada daerah tertentu dengan tujuan untuk membantu mendanai kegiatan khusus yang merupakan urusan daerah dan sesuai dengan prioritas nasional.

Program yang menjadi prioritas nasional dimuat dalam Rencana Kerja Pemerintah dalam tahun anggaran bersangkutan. Kemudian, Menteri teknis mengusulkan kegiatan khusus yang akan didanai dari DAK dan ditetapkan setelah berkoordinasi dengan Menteri Dalam Negeri, Menteri Keuangan, dan Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional, sesuai dengan Rencana Kerja Pemerintah. Menteri teknis menyampaikan ketetapan tentang kegiatan khusus kepada Menteri Keuangan.

DAK nasional ditetapkan dalam APBN, sesuai dengan kemampuan APBN. yang kemudian ditindaklanjuti dengan perhitungan alokasi DAK per daerah. Penghitungan alokasi DAK dilakukan melalui 2 (dua) tahapan, yaitu: (a) Penentuan daerah tertentu yang menerima DAK; dan (b) Penentuan besaran alokasi DAK masing-masing daerah. Setelah menerima usulan kegiatan khusus, Menteri Keuangan melakukan penghitungan alokasi DAK. Penentuan daerah penerima DAK harus memenuhi kriteria umum, kriteria khusus, dan kriteria teknis. 

Besaran alokasi DAK masing-masing daerah ditentukan dengan perhitungan indeks berdasarkan kriteria umum, kriteria khusus, dan kriteria teknis. Kriteria umum sebagaimana dirumuskan berdasarkan kemampuan keuangan daerah yang dicerminkan dari penerimaan umum APBD setelah dikurangi belanja Pegawai Negeri Sipil Daerah. 

Kemampuan keuangan daerah dihitung melalui indeks fiskal netto. Daerah yang memenuhi kriteria umum merupakan daerah dengan indeks fiskal netto tertentu yang ditetapkan setiap tahun. Kriteria khusus dirumuskan berdasarkan: (a) Peraturan perundang-undangan yang mengatur penyelenggaraan otonomi khusus; dan (b) Karakteristik daerah. Kriteria khusus dirumuskan melalui indeks kewilayahan oleh Menteri Keuangan dengan mempertimbangkan masukan dari Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional dan menteri/pimpinan lembaga terkait. 

Sementara itu, kriteria teknis disusun berdasarkan indikator-indikator kegiatan khusus yang akan didanai dari DAK. Kriteria teknis dirumuskan melalui indeks teknis oleh menteri teknis terkait. Menteri teknis menyampaikan kriteria teknis kepada Menteri Keuangan.

Pada tahun 2020 ini, Dinas Pertanian Kabupaten Lombok Timur akan melakukan pembangunan fisik atau sarana infrastruktur pertanian yang berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dan akan dilaksanakan secara swakelola kepada kelompok tani, sehingga Tim Teknis DAK akan melakukan penentuan Calon Petani/Calon Lokasi (CP/CL) di 15 Lokasi/Desa, diantaranya:
1. Pembangunan Irigasi Air Tanah Dangkal, 8 Lokasi:
    - Desa Lando, Kec. Terara
    - Desa Leming, Kec. Terara
    - Desa Rarang Batas, Kec. Terara
    - Desa Senyiur, Kec. Keruak
    - Desa Pijot Utara, Kec. Keruak
    - Desa Dane Rase, Kec. Keruak
    - Desa Montong Tangi, Kec. Sakra Timur
    - Desa Setanggor Selatan, Kec. Sukamulia

2. Pembangunan Embung, 2 Lokasi:
    - Desa Batu Putik, Kec. Keruak
    - Desa Dane Rase, Kec. Keruak

3. Pembangunan Dam Parit, 4 Lokasi:
    - Desa Kilang, Kec. Montong Gading
    - Desa Perian, Kec. Montong Gading
    - Desa Suralaga, Kec. Suralaga
    - Desa Sapit, Kec. Suela

4. Pembangunan Pintu Air, 1 Lokasi:
    - Kelurahan Kelayu Jorong, Kec. Selong
Kebijakan Komentar: Silakan tuliskan komentar anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar